Update, Info, Keluhan Tentang Industry Fintech

3 Fakta AFPI, Asosiasi Legal Fintech Pinjaman Online

11 June 2019 0 Komentar

Apakah Anda pernah meminjam uang atau memberikan pinjaman melalui fintech(financial technology) pinjaman online?

Jika pernah, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan P2P Lending ya.

Pinjaman yang cepat cair, dengan syarat yang ringan, serta prosedur yang mudah membuat banyak orang yang membutuhkan dana cepat memilih untuk meminjam uang melalui fintech pinjaman online ini.

Kehadiran fintech P2P Lending ini memanfaatkan kecanggihan teknologi yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan atau agunan.

Jadi, siapa saja yang memenuhi syarat maka bisa meminjam uang secara online. Hanya dengan akses fintech P2P Lending melalui smartphone, semua bisa langsung mengajukan pinjaman, mengisi kelengkapan data, maka setelah itu kurang dari dua hari pinjaman Anda sudah bisa cair setelah disetujui.

Beberapa waktu lalu Indonesia digencarkan dengan kehadiran fintech baru yakni P2P (Peer to PeerLending.

Kini, P2P Lending di Indonesia kian semakin marak, maju dan berkembang di Indonesia.

Oleh karena itu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memutuskan untuk menunjuk AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Lalu, sebenarnya apa itu AFPI? AFPI merupakan singkatan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia.

Berikut 3 fakta AFPI yang perlu Anda ketahui:

1. AFPI Merupakan Asosiasi Resmi Kumpulan Fintech P2P Lending

Berdasarkan surat No. S-5/D.05/2019 pada 8 Maret 2019, AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) didirikan pada tanggal 5 Oktober 2018 dan diresmikan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai asosiasi resmi penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi di Indonesia.

AFPI ini dibentuk dengan dasar kesadaran bahwa harus ada perlindungan bagi para pengguna layanan P2P (Peer to PeerLending.

Tentunya perlindungan ini diberikan untuk kedua belah pihak baik peminjam (borrower) dan pemberi pinjaman (lender).

Untuk kedepannya, maka seluruh penyelenggara fintech P2P Lending di Indonesia akan diwajibkan untuk mendaftarkan diri menjadi anggota AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

2. AFPI Adalah Bentuk Layanan Pengaduan Online yang Bernama “Jendela”

Jendela merupakan saluran informasi serta pengaduan bagi nasabah (peminjam ataupun pemberi pinjaman) financial technology legal.

Legal di sini berarti fintech tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jadi, jika nasabah memiliki berbagai keluhan terhadap layanan fintech P2PLending yang sudah menjadi anggota AFPI maka bisa disampaikan melalui Jendela.

Terdapat 3 cara yang dapat digunakan untuk menyampaikan keluhan atau pengaduan kepada Jendela AFPI. 3 cara tersebut antara lain:

  • Menghubungi customer servicehotline center melalui telepon call center di 021 50821960 (bebas pulsa) pada jam kerja yaitu hari Senin – Jumat jam 08.00 – 17.00 WIB.
  • Melalui e-mail yaitu pengaduan@afpi.or.id.
  • Melalui website di https://www.afpi.or.id/contact.

3. AFPI Menerapkan Standardisasi dan Sertifikasi Bagi Anggotanya

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam menggunakan layanan fintech (financial technology) khususnya untuk P2P (Peer to PeerLending, maka AFPI akan menerapkan standardisasi serta sertifikasi untuk proses penagihan yang dilakukan oleh para anggota AFPI kepada konsumen.

Standardisasi dan sertifikasi yakni berhubungan dengan pelarangan penyalahgunaan data nasabah serta kewajiban melaporkan prosedur penagihan pinjaman.

AFPI juga menerapkan Sertifikasi Manajemen Risiko FintechLending dan melakukan Pemutakhiran Risk Management di Industri 4.0 bagi seluruh anggotanya.

Hal tersebut berarti masyarakat tidak perlu khawatir lagi ketika menggunakan layanan fintech pinjaman yang ada karena keamanan data telah dijaga.

Namun, Anda harus memastikan bahwa fintech yang Anda pilih adalah fintechlegal yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ya.

Dengan adanya AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia), sekarang Anda tidak perlu terlalu kuatir untuk menggunakan layanan fintech P2P (Peer to PeerLending.

Sumber: https://www.finansialku.com/afpi/

Reaksi Anda

Share

Kirim Komentar

Tulis komentar dan pendapat Anda di bawah ini.

Kami menghargai privasi Anda dan tidak akan pernah membagikan alamat email Anda dengan orang atau organisasi manapun dan dengan tujuan apapun.


Dengan menekan tombol dibawah ini, maka Anda bertanggung jawab penuh atas semua komentar dan pendapat yang Anda kirimkan.

Popular Post

Sorry. No data so far.

Copyright © 2018 idfintechwatch.com. All Rights Reserved.
To Top ↑