Update, Info, Keluhan Tentang Industry Fintech
LAPOR - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Keluhan Pinjaman Online

LAPORAN

Yth. Otoritas Jasa Keuangan,

Pinjaman online sangat meresahkan krn mengancam akan menyebarkan data pribadi berupa kontak seluruh hp dan foto yg mereka katakan “data anda sdh kami retas”

Bagaimana solusi nya untuk ini mereka menyadap dn meretas data pribadi sluruh kontak hp dan foto tnpa persetujuan terlebih dulu. Dan mengancam akn meyebar luaskan dengan cara mencuri dan meretas seenak ny data2 kontak hp seluruh nya dan akan menghubungi smw nya untuk menagih hutang dengan cara yg tidak bnr.

Sebelum sy sdh hub pinjaman online tsb untuk membyr ny dengan mencicil 3x namun pinjaman online menolak dan malah maki2 dan bicara sangat kasar.
Sya hr membyar lunas beserta bungan yg setiap harinya berjalan dan bunga itu sangat besar.

Saya jg tdk pernh memberikan no telp keluarga di pinjaman online tsb, namun keluarga saya di telp dan mrka menagihkan ny pada kluarga saya tsb. Jelas kluarga saya marah krn dikira saya memberi no ny kpd pinjaman online tsb.
Begitu jg mrka mnghubungi mama saya dan memaki2 ny pdahal saya tdk ada memberikan no hp mama saya kpda pinjaman online tsb. Namun mrka bisa mnghubungi smw kontak yg sy punya smw.

Saya mhon bantuan untuk data pribadi ini agar pinjaman online tdk sembarangan dan malnggar hak pribadi konsmn dalam data2 rahasia dn pribadi.

Bebrapa pinjaman online tsb adalah. Rupiah plus, tangbull, rupiah now, aku laku, angel cash, pinjaman, go cash, pinjaman kilat, danaku dll aplikasi pinjaman online lainnya. Mrka sangat semena2 dlm hal data2 pribadi konsmn dan tidak segan2 melakukan pelanggaran tsb.

Mhon bantuan nya agr maslah ini tdk semakin melebar untuk data kerahasiaan konsmn tsb dan prlindungan data pribadi milik jonsmn yg seenak nya di retas oknum pinajaman online berikut guna menpermalukan konsmn nya dalam menagih hutang

Mohon ditindaklanjuti, terima kasih.

 


Otoritas Jasa Keuangan

Yth. Bapak/Ibu dengan nomor laporan #1985648,

Terima kasih telah menghubungi Kontak OJK 157.

Sehubungan dengan informasi yang Bapak/Ibu sampaikan sebelumnya, berikut beberapa hal yang dapat kami sampaikan:

1. Sehubungan dengan penagihan yang dilakukan oleh bagian penagihan (debt collector) Fintech Peer To Peer Lending , menurut hemat kami, nama yang tercantum sebagai pihak yang dapat dihubungi ketika melakukan pengajuan fasilitas kredit adalah pihak yang berfungsi sebagai kontak darurat yang dapat dihubungi termasuk dalam hal penagihan apabila bank kesulitan menghubungi Konsumen. Namun demikian tentunya pihak ketiga tersebut bukan sebagai pihak yang menjamin kredit dari Debitur;

2. Pada umumnya Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) akan memberikan data akurat, penjelasan dan prosedur kepada pihak yang melakukan penagihan (collector agency) mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh petugas penagih (debt collector). Apabila terdapat indikasi/dugaan kelalaian pelaksanaan prosedur dalam penagihan oleh PUJK, hal tersebut dapat menjadi informasi bahan pengaturan dan pengawasan bagi OJK;

3. Mengenai akses fintech tersebut kepada data kontak pada telepon seluler Bapak/Ibu, hal tersebut biasanya tergantung dari pemberian izin pemilik ponsel pada awal instalasi aplikasi (allow/do not allow access). Apabila entitas/perusahaan tersebut telah melanggar asas ketertiban umum, dapat dilaporkan kepada pihak yang berwenang yakni Kepolisian;

4. Selanjutnya, Bapak/Ibu diharapkan dapat mengupayakan penyelesaian dengan mengajukan keberatan secara tertulis kepada Fintech tersebut meminta agar tidak dihubungi kembali oleh pihak debt collector. Jika sekiranya perilaku debt collector atau entitas/perusahaan tersebut telah melanggar asas ketertiban umum dan cenderung mengancam keselamatan, dapat dilaporkan kepada pihak yang berwenang yakni Kepolisian.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
Direktorat Pelayanan Konsumen
Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

13 July 2018 16:02:19

 

Reaksi Anda

Share

Kirim Komentar

Tulis komentar dan pendapat Anda di bawah ini.

Kami menghargai privasi Anda dan tidak akan pernah membagikan alamat email Anda dengan orang atau organisasi manapun dan dengan tujuan apapun.


Dengan menekan tombol dibawah ini, maka Anda bertanggung jawab penuh atas semua komentar dan pendapat yang Anda kirimkan.

Copyright © 2018 idfintechwatch.com. All Rights Reserved.
To Top ↑