Update, Info, Keluhan Tentang Industry Fintech

Tips Supaya Tak Kebablasan Ambil Pinjaman Online

11 April 2019 0 Komentar

Kemudahan pinjaman online memang menggiurkan. Bagaimana tidak? Cara pengajuannya yang mudah dan persetujuannya yang serba instan sangat membantu kita yang sedang butuh bantuan keuangan. Namun, tak sedikit pula yang salah langkah saat meminjam uang melalui fintech, lalu menyesal karena harus terkurung jeratan utang akibat kebablasan.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita tak kebablasan saat berutang di aplikasi pinjaman online dan terhindar dari lingkaran setan yang bernama utang? Berikut yang harus diperhatikan.

1.Gunakan pinjaman untuk kebutuhan produktif.
Perhatikan tujuan dari pengajuan pinjamanmu. Sebab, banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan meminjam uang secara online untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. Sebelum pinjam uang secara online, kategorikan dulu kebutuhan utangmu. Apakah termasuk utang produktif, atau malah konsumtif?

2. Hitung kemampuanmu untuk membayar kembali pinjaman tersebut
Sekalipun berutang untuk hal produktif, bukan berarti kamu tidak memperhitungkan kemampuan untuk membayarnya kembali. Rasio cicilan yang sehat tidak akan melebihi 30% gaji bulanan yang didapatkan. Lebih dari itu, bisa-bisa arus keuangan malah jadi berantakan.

3.Pilih lembaga pinjaman online dengan bunga rendah dan tenor panjang
Pinjaman online biasanya mengenakan bunga lebih tinggi dibandingkan lembaga kredit konvensional seperti bank. Proses pendaftaran dan pencairan dananya yang serba cepat menjadi salah satu alasan kenapa bunganya lebih tinggi. Namun, banyak aplikasi pinjam uang online yang memanfaatkan keunggulan mereka untuk mengenakan bunga kelewat tinggi yang tak masuk akal, bahkan mencapai 1%-3% per hari.

Apakah kamu salah satu yang kebablasan melakukan pinjaman online? Share cerita kamu ya

Reaksi Anda

Share

Kirim Komentar

Tulis komentar dan pendapat Anda di bawah ini.

Kami menghargai privasi Anda dan tidak akan pernah membagikan alamat email Anda dengan orang atau organisasi manapun dan dengan tujuan apapun.


Dengan menekan tombol dibawah ini, maka Anda bertanggung jawab penuh atas semua komentar dan pendapat yang Anda kirimkan.

Popular Post

Sorry. No data so far.

Copyright © 2018 idfintechwatch.com. All Rights Reserved.
To Top ↑